Cara Memandikan Anak Kucing Kecil

Cara Memandikan Anak Kucing Kecil – Memandikan anak kucing memang tidak semudah yang dibayangkan. Tidak jarang, Anda mengalami kerepotan yang luar biasa. Untuk itu, Anda harus mengetahui dan mempelajari cara memandikan kucing kecil yang tepat.

Tips Memandikan Anak Kucing

Sebelum mulai memandikan anak kucing, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pemandian anak kucing.

  1. Anda harus tenang saat memandikan anak kucing karena akan sangat berpengaruh pada perasaannya.
  2. Gunakan sarung tangan yang tebal untuk menghindari cakaran atau gigitan anak kucing.
  3. Mandikan anak kucing sejak kecil agar sudah terbiasa saat besar.
  4. Mandikan anak kucing maksimal 2 kali dalam seminggu. Jika terlalu sering, khawatir kulit anak kucing akan terluka dan bulunya akan rontok.
  5. Mandikan dan keringkan anak kucing di tempat yang terbatas agar tidak dapat berlarian terlalu jauh.
  6. Angkat bagian tengkuk saat memasukkan anak kucing ke dalam air agar merasa lebih nyaman.
  7. Biarkan kedua kaki depan anak kucing berada di bagian luar ember atau bak mandi.

 

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memandikan Kucing

Saat memandikan anak kucing, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti berikut ini.

  1. Jika Anda memiliki beberapa anak kucing, mandikanlah pada saat yang bersamaan. Hal ini dikarenakan bau khas anak kucing akan hilang setelah mandi dan butuh beberapa waktu untuk mengembalikannya. Jika salah satu saja yang Anda mandikan, anak kucing tersebut tidak akan dapat bermain dengan anak-anak kucing lainnya.
  2. Usahakan sabun, sampo, dan udara tidak masuk atau mengenai mata anak kucing. Jika terjadi, segera bilas dengan air. Dan jika terjadi iritasi, Anda harus segera membawa anak kucing ke dokter hewan.
  3. Bersiaplah untuk menghadapi anak kucing yang terkena flu setelah dimandikan. Hal ini terjadi karena anak kucing kedinginan saat bulunya basah.
  4. Segera pergi ke dokter hewan jika Anda menemukan kotoran yang janggal di bulu anak kucing.

 

Cara Memandikan Anak Kucing

Anak kucing memang masih rentan terkena penyakit sehingga Anda tidak perlu memandikannya setiap hari. Saat memasuki umur 9 minggu, anak kucing baru boleh dimandikan. Adapun cara memandikan anak kucing adalah sebagai berikut.

  1. Pilih Waktu Yang Tepat

Untuk memandikan anak kucing, lakukanlah saat anak kucing sedang merasa senang, seperti setelah makan atau setelah bermain.

  1. Proses Persiapan

Pada tahap ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, seperti memotong kuku anak kucing, menyiapkan kebutuhan mandi, dan menyisir bulu anak kucing.

  • Memotong Kuku

Biasanya, anak kucing memiliki kuku yang tajam dan panjang sehingga dapat membahayakan Anda saat memandikannya. Karena itu, Anda harus memotong kuku tersebut terlebih dahulu. Lakukan pemotongan kuku semenyenangkan mungkin dan hati-hati.

  • Menyiapkan Kebutuhan Mandi

Hal yang juga harus Anda lakukan adalah menyiapkan kebutuhan mandi anak kucing, seperti bak mandi, handuk, dan sampo. Jika anak kucing memiliki kutu, Anda dapat menggunakan obat kutu yang dicampurkan dengan sampo nantinya.

  • Menyisir Bulu

Bulu yang kotor akan menjadi kusut dan akan sulit untuk dibersihkan saat mandi. Karenanya, Anda harus menyisir bulu anak kucing terlebih dahulu.

  1. Proses Memandikan

Memilih tempat yang nyaman dan tidak terlalu besar menjadi cara memandikan kucing kecil yang tepat karena membuat anak kucing tidak dapat berlarian jauh. Setelah itu, Anda harus membuat anak kucing setenang mungkin sebelum dimasukkan ke dalam air. Anda dapat mengelus-elus tubuhnya terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam air secara perlahan.

Siramlah anak kucing secara perlahan dan sedikit demi sedikit sebagai permulaan. Berikan sampo jika seluruh tubuh anak kucing sudah basah yang dimulai dari punggung. Ratakan dan lakukan pijatan hingga ke bagian kaki dan ekor secara perlahan.

Setelah itu, Anda harus membilas tubuh anak kucing hingga bersih. Untuk bagian wajah, Anda dapat membasuhnya dengan kain basah yang lembut.

  1. Proses Pengeringan

Setelah bersih, lilitkan handuk di tubuh anak kucing agar tidak kedinginan dan untuk mengeringkan bulu. Agar proses pengeringan lebih cepat, Anda dapat menggunakan hair dryer dengan suhu terendah. Setelah benar-benar kering, Anda dapat menyisir bulu anak kucing agar tidak kusut.

Itulah cara memandikan anak kucing yang dapat Anda lakukan di rumah. Memandikan anak kucing memang membutuhkan kesabaran ekstra. Selamat mencoba!

Share Yuk...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply